Sistem Perizinan Online adalah sistem terbaru yang dimiliki kabupaten Bantaeng yang bertujuan untuk mempermudah pelayanan masyarakat berbasis izin, sistem ini dikelola langsung oleh Dinas Pelayanan Masyarakat Pelayanan Terpadu Satu Atap yang memiliki moto “Tanpa Pungli” Kabupaten Bantaeng. Sistem yang dinamakan SIMAP (Sistem Informasi Manajemen Administrasi Perizinan) ini bisa diakses melalui dpmptsp.bantaengkab.go.id.

 

Adapun dasar Aplikasi SIMAP ini adalah :

1.      Informasi di berbagai kegiatan investasi yang memerlukan Izin.

2.      Informasi perizinan di berbagai jenjang dalam sektor investasi dan penanaman modal antar SKPD.

3.      Mekanisme dan Prosedur Layanan Perizinan.

4.      Daftar Perizinan Non Perizinan

5.      Formulir Permohonan Izin

6.      Pendaftaran Izin Online

7.      Pengaduan Online

8.      Monitoring Izin Online

9.      Tracking systems 

·         Memberikan Solusi:

1.      Perangkat lunak tersebut dikembangkan sesuai dengan standar yang ditentukan oleh pemerintah Daerah.

2.      Dengan menggunakan open system diharapkan jaringan akan bersifat interoperable dengan media lain.

3.      SIMAP-Online ini direncanakan, mengembangkan dan memelihara pusat penyimpanan data dan informasi yang menyimpan direktori proses alur, tracking dan administrasi perijinan investasi yang komprehensif.

4.      Sistem ini akan secara proaktif mencari, menganalisis, memahami, menyebarluaskan dan mempertukarkan secara elektronis data/informasi aktifitas perizinan baik pemohon dan pemberi izin.

5.      SIMAP-Online yang terintegrasi mampu memberikan laporan dalam bentuk grafik dan statistik sesuai yang diinginkan oleh pimpinan.

6.      Menjaga kerahasiaan sistem dengan memberikan laporan secara periodek rekam jejak segala aktifitas yang berlangsung melalui SIMAP-Online