Buka Puasa Bersama (Bukber) dengan warga masyarakat daerah

Bantaeng, Sabtu (09/06/2018). Kembali diadakan di Pantai Seruni Bantaeng pada Jum'at sore (08/06/2018), Buka Puasa Bersama (Bukber) dengan warga masyarakat daerah ini. Seperti tahun-tahun sebelumnya, setidaknya selama kurun waktu 10 tahun terakhir. Bukber ini diadakan oleh Pemerintah Kabupaten Bantaeng, dimana 32 OPD menyiapkan takjil masing-masing 100 paket.

Totalnya mencapai 3.200 paket yang dibagikan kepada warga masyarakat. Jumlah ini belum termasuk paket takjil yang khusus disiapkan bagi para aparatur lingkup internal tiap OPD. Sebelumnya masyarakat harus mendapatkan kupon yang dibagikan pihak panitia di sekitar Tribun Pantai Seruni Bantaeng. Nantinya akan kita bagi 3.200 paket takjil kepada masyarakat. Takjil ini disiapkan masing-masing OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Bantaeng yang jumlahnya mencapai 32 instansi." jelas Plt Kabag Kesra Setda Kabupaten Bantaeng, Syamsul Alam.

Kupon ini lalu ditukarkan dengan takjil yang terdiri dari minuman mineral, es buah dan nasi kotak. Stand OPD yang berjejer di sekitar Alun-laun atau Lapangan jadi pilihan sesuai petunjuk yang tercantum pada kupon. Awalnya hal ini membuat masyarakat sedikit kebingungan. Namun dengan sendirinya dapat menemukan OPD yang dituju. Bahkan dapat mengetahui lebih jauh sekaligus menjalin silaturahmi dengan aparat OPD bersangkutan.

Bukber dihadiri langsung Plt Bupati Bantaeng, H Muhammad Yasin bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Bantaeng, Abdul Wahab dan unsur Forkopimda yakni Ketua DPRD Kabupaten Bantaeng, H Abd Rahman Tompo, Kapolres Bantaeng, Adip Rojikan, Kasdim 1410 Bantaeng dan H Abdullah Nurwakhid. Juga hadir Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantaeng, H Muhammad Yunus, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bantaeng, Hj Andi Nurhayati, para Asisten dan pimpinan OPD serta Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bantaeng, Hj Aisyah Yasin dan Ketua DWP Kabupaten Bantaeng, Vinka Nandakasih.

Dalam sambutannya, Plt Bupati Bantaeng menyampaikan apresiasinya terhadap panitia dan seluruh komponen yang telah menyukseskan Bukber ini. Menurutnya Bukber perlu dilestarikan dan terus diadakan tiap bulan suci Ramadhan. "Kita bersyukur kegiatan ini dapat kita laksanakan lagi tahun ini. Dengan harapan akan membangun silaturahmi yang erat, baik antar aparatur Pemerintah maupun antara Pemerintah dengan masyarakat." tuturnya.

Menyikapi hari libur dan cuti bersama, dirinya berpesan agar ASN dapat memanfaatkan hari libur sebaik-baiknya. Dirinya juga berharap agar efektifitas hari libur yang terbilang lama tidak disalahgunakan ASN untuk menambah hari libur disaat sudah harus kembali bekerja pasca Idul Fitri 1439 H.

Bukber ini diisi pula ceramah berupa Kuliah Tujuh Menit (Kultum). Tampil sebagai pembawa hikmah yakni KH Arifuddin Lc. Muballigh lulusan Mesir ini mengisahkan Namruk, raja yang hidup di masa Nabi Ibrahim. Tinggal di sebuah istana bergelimang harta dan punya banyak pengikut. Namun menderita atas ketamakannya dan sifatnya yang tidak mau berbagi.

Atas kisah ini, Al Ustadz menekankan pentingnya berbagi kepada sesama. "Harta yang kita kumpul pada hakikatnya bukan harta kita. Sesungguhnya dalam harta yang dimiliki seseorang terdapat hak orang lain yang membutuhkanya. Seperti dijelaskan dalam Al-Qur'an Surah Adz-Dzariyat Ayat 19." urainya. (AMBAE)

salam #AMBAE