Keluaran BLK Bantaeng, Diatas Standar Teknisi Otomotif Nasional.

Bantaeng (05/07). Balai Latihan Kerja Kabupaten Bantaeng, hari ini menggelar acara Wisuda bagi para Siswa Teknisi Otomotif Angkatan I yang berjumlah 16 calon mekanik mobil Toyota yang terdiri dari 6 instruktur BLK dan 10 pencari kerja yang telah mengikuti pelatihan dalam jangka waktu 2 tahun. Acara wisuda dirangkaikan dengan Penutupan Diklat Kerjasama Kemenaker - JICA - Ehime Toyota Motor Coorporation, sekaligus Penyambutan Siswa Teknisi Otomotif Angkatan II, yang dilaksanakan di Balai Latihan Kerja (BLK) Bantaeng, Kamis Pagi.

Bentuk kerjasama ini merupakan pengembangan program pelatihan teknisi mekanik otomotif level 2 standar international Toyota di BLK Bantaeng dalam rangka peningkatan keterampilan Sumber Daya Manusia di wilayah Kabupaten Bantaeng dan sekitarnya. Level program pelatihan tersebut dikatakan setingkat lebih tinggi dibandingkan dengan level nasional Toyota Indonesia.

Sekretaris Dirjen Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Kementerian Ketenagakerjaan RI, Kunjung Masehat yang hadir pada kesempatan tersebut mengakui kualitas lulusan BLK Bantaeng yang disebutnya diatas Standar Teknisi Otomotif Nasional. "Ini tentu sangat mendukung peningkatan daya saing tenaga kerja Indonesia ke depannya. Maka dari itu, saya berharap agar program pelatihan ini dapat diperluas ke seluruh BLK yang ada di Indonesia",jelasnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Ehime Jepang, Toshifumi Joko, yang hadir langsung pada acara wisuda, mengatakan bahwa dirinya terkesan melihat para lulusan program yang menjadi pribadi yang begitu percaya diri. "Dari kerjasama kecil, yang diawali dengan niat baik, telah meghasilkan buah yang besar. Keberlanjutan kerjasama pengembangan tenaga sumber daya manusia ini diharapkan dapat terus berlanjut sehingga BLK Bantaeng dapat menjadi contoh bagi BLK lainya di Indonesia".

Dan melalui kesempatan tersebut, Bupati Bantaeng, yang juga merupakan Gubernur Sulsel terpilih, H.M. Nurdin Abdullah mengatakan kehadiran sekolah mekanik ini sejalan dengan pembangunan BLK di Bantaeng.lebih lanjut menyatakan bahwa "Saya yakin bahwa program ini adalah sebuah kebutuhan, merupakan sekokah mekanik toyota pertama yang bekerjasama langsung dengan JICA Ehime Toyota. Ke deoan, sekolah ini akan menyuplai tenaga-tenaga mekanik Toyota di seluruh Indonesia".

Seluruh lulusan akan dipekerjakan di PT. Toyota Hadji Kalla, namun sebelumnya mengikuti masa percobaan selama satu tahun. Dalam kerjasama ini, JICA telah memberikan hibah berupa peralatan pelatihan kejuruan otomotif sebesar US$ 100,000 dengan rincian Carlift sebanyak 2 unit, Engine Stand sebanyak 2 unit, dan Tool set lainnya sesuai kebutuhan.

Untuk kelanjutan Program Teknisi Mekanik Otomotif ini BLK Bantaeng telah melakukan Perekrutan Peserta Angkatan II Tahun 2018 sebanyak 32 peserta yang akan berjalan selama 2 tahun.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, antara lain Kepala Kantor Konsulat Jepang, Katsutoshi Miyakawa, Senior Vice President Ehime Toyota Motor Corporation, Hidekazu Futagami, Direktur Jenderal JICA Indonesia, Naoki Ando, Senior Representative JICA Indonesia, Shunusuke Takatoi, Mantan Sekjen Kemnaker, Wahab Bangkona, Kadis Tenaga Kerja, Agustinus Appang.