Cover 97 Persen Kesehatan Masyarakatnya, Kabupaten Bantaeng Raih Penghargaan UHC dari Presiden

Jakarta (23/05). Pemerintah Kabupaten Bantaeng kembali menambah daftar panjang prestasinya dengan meraih penghargaan Universal Health Coverage (UHC) yang diserahkan oleh Presiden Republik Indonesia melalui Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo.

Universal Health Coverage (UHC) JKN - KIS Award merupakan apresiasi Pemerintah Pusat terhadap Provinsi dan Kabupaten / Kota dan diberikan kepada 92 Kabupaten yang telah mencapai Universal Health Coverage lebih awal pada tahun 2018.

Plt. Bupati Bantaeng, H. Muhammad Yasin, didampingi Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Bulukumba, Diah Eka Rini, hadir langsung pada malam ramah tamah yang digelar di Hotel Grand Mercure Kemayoran Jakarta.

Kabupaten Bantaeng berhasil meraih penghargaan UHC karena jumlah kepesertaan JKN - KIS terhitung sampai dengan Mei 2018, telah mencapai 97,35% dari total jumlah penduduk Bantaeng.

Pencapaian ini tentunya berkat komitmen Pemerintah Kabupaten Bantaeng, dimana sejak 1 Januari 2018 mendaftarkan seluruh penduduknya menjadi peserta JKN - KIS.

Tercapainya cakupan kesehatan semesta di Kabupaten Bantaeng tersebut merupakan upaya Universal Health Coverage yang pertama di wilayah selatan Provinsi Sulawesi Selatan, dan kemudian menjadi motivasi bagi Kabupaten / Kota lainnya untuk mendaftarkan seluruh penduduknya menjadi peserta JKN - KIS.

Untuk wilayah Sulawesi Selatan, Kabupaten yang meraih penghargaan UHC selain Kabupaten Bantaeng yakni Takalar, Selayar, Sinjai, Barru, Pare-Pare, Sidrap, Luwu, Palopo dan Luwu Timur.