Pemkab Bantaeng Sukses Gelar Musrenbang Anak.

Bantaeng (01/03). Sebagai upaya untuk menjamin hak asasi dan penghargaan terhadap anak-anak di Indonesia, serta meningkatkan kesadaran seluruh komponen masyarakat bahwa anak merupakan generasi penerus cita-cita perjuangan bangsa, maka Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Bantaeng menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Anak Kabupaten Bantaeng Tahun 2019.

Plt. Bupati Bantaeng, H. Muhammad Yasin secara resmi membuka acara yang berlangsung di Gedung Balai Kartini ini. Dengan mengusung tema untuk pembangunan anak Kabupaten Bantaeng, yaitu "Baling-Balibg Bambuku (Peningkatan dan Pengembangan Lingkungan Layak Anak Dalam Mewujudkan Harapan dan Impian Anak).

Kabid Pembangunan Manusia, Sosial Budaya dan Analisis Perencanaan Bappeda, Sudyawani melaporkan, bahwa kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan agar mendorong dan memfasilitasi masyarakat untuk memberi ruang bagi anak-anak agar terlibat dalam mewujudkan kesejahteraan anak dengan menghormati hak-hak dan memberikan jaminan keberpihakan terhadap anak dalam pembangunan.

Plt. Bupati dalam sambutannya mengatakan bahwa dalam mewujudkan Kabupaten Layak Anak, maka anak-anak perlu dibekali dengan keimanan, kepribadian, kecerdasan, keterampilan, jiwa dan semangat kebangsaan. "Anak-anak kita harus ditingkatkan daya saing dan kemandiriannya, agar dapat tumbuh dan berkembang mrnjadi manusia yang berbudi luhur, beradab, cerdas dan taqwa kepada Tuhan yang Maha Esa".

Sementara itu, Kepala Bidang Pemenuhan Hak dan Perlindungan Anak,
Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Prov. Sulsel, Surya Narni Sultan menyampaikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan ini karena merupakan wadah untuk memberi peluang kepada anak-anak menuangkan partisipasinya. "Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini karena seluruh aspirasi anak baik dari desa, dan kecamatan dapat diungkapkan disini". Disebutkan pula bahwa Bantaeng adalah kabupaten ke-8 dari 15 kabupaten/kota yang akan dan telah melaksanakan Musrenbang Anak.

Hasil Musrenbang Anak di Kabupaten Bantaeng, telah dapat dirasakan dan dinikmati oleh masyarakat khususnya bagi anak-anak dengan meliputi:
-Tahun pertama, yakni tahun 2014, terbangunnya lokasi taman bagi anak-anak dan pengadaan bus sekolah.
-Tahun kedua pada tahun 2015, sekolah ramah anak dan pola pendidikan dengan mendahului dan menjemput anak didik sebelum masuk lingkungan sekolah serta peningkatan fasilitas sekolah. 
-Tahun ketiga pada tahun 2016, memenuhi harapan dan impian anak untuk melanjutkan sekolah ke Perguruan Tinggi: Akademi Komunitas.
-Tahun kelima pada tahun 2017, sekolah ramah anak dan pembentukan Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM), terbentuknya sekretariat Forum Anak Butta Toa serta Penyediaan Sarana dan Prasarana Tempat Bermain Anak.

Kegiatan ini dihadiri pula oleh Ketua. TP.PKK Bantaeng, Hj. Aisyah Yasin, para unsur Forkopimda, Anggota DPRD, serta kurang lebih 200 peserta yang terdiri dari para Pimpinan OPS, Forum Anak Kecamatan se-Kab. Bantaeng, LSM pemerhati anak, fasilitator relawan anak dan forum delegasi di setiap kecamatan.