Pj. Bupati Buka Workshop Sosialisasi Penyusunan Dokumen RPB Bantaeng Tahun 2018

Bantaeng (12/09). Bertempat di Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bantaeng, telah dilangsungkan acara Workshop Sosialisasi Penyusunan Dokumen Rencana Penanggulangan Bencana (RPB) Kabupaten Bantaeng Tahun 2018 yang dibuka secara resmi oleh Pj. Bupati Bantaeng, H. Ashari Faksirie Radjamilo, didampingi Kepala BPBD, Muslimin M, Rabu Pagi.

Dikatakan bahwa kondisi bencana di Kab. Bantaeng membutuhkan sebuah perencanaan yang sifatnya terpadu, terkoordinasi dan menyeluruh. Rencana penanggulangan bencana atau disingkat RPB akan menjadi pedoman dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana dalam lima tahun mendatang baik bagi pemerintah, pemerintah daerah, dunia usaha maupun masyarakat. 

"Bantaeng memang perlu menyusun RPB, karena letaknya yang berbatasan dengan laut. Meskipun dikatakan bahwa Sulsel aman akan tsunami, tapi kita tidak pernah bisa memperkirakan kapan bencana akan datang. RPB Bantaeng merupakan wujud dari upaya pemerintah daerah dalam merumuskan program-program kegiatan dan fokus prioritas penanggulangan bencana.", demikian disampaikan Pj. Bupati sebelum membuka acara secara resmi.

RPB Kabupaten Bantaeng akan memuat upaya-upaya pengurangan risiko bencana yang efektif, penanganan kondisi tanggap darurat yang efisien dan upaya pemulihan yang tepat sasaran. Program-program kegiatan dalam RPB Kab. Bantaeng disusun berdasarkan visi misi penanggulangan bencana dan rencana tindakan yang harus diambil sesuao dengan manajemen risiko. Dan RPB Kab. Bantaeng ini perly diselaraskan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Kabupaten.